Social Icons

"BAALIGU ANNII WALAU AAYAT"

Selasa, 13 September 2016

KESADARAN BERQURBAN JAMA’AH AL-MUTHMAINNAH MENINGKAT



Suasana penyembelihan hewan Qurban

Pengenjek (13/09) – Seiring dengan kemajuan ilmu pendidikan yang berkaitan terhadap pengamalan ajaran agama di masyarakat pada umumnya dirasakan mulai meningkat. Hal ini terbukti dengan antusiame masyarakat (jama’ah) dalam melaksanakan salah satu ajaran Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam tentang perintah berqurban.  Setelah melaksanakan Shalat Iedul Adha, semua umat Islam di penjuru dunia berbondong-bondong ke tempat yang lapang untuk melaksanakan perintah berqurban tersebut.
Ada yang datang dengan membawa hewan ternak untuk dijadikan Qurban, ada yang datang untuk menyaksikan dan ada pula yang sebagian dari mereka rela menunggu berjam-jam dengan sabar hanya untuk mendapatkan bantuan daging Qurban. Semuanya berkumpul dalam satu niat yang tulus ikhlas yaitu untuk merayakan peringatan sekali setahun tersebut.
Suasana diatas dapat terlihat pada kegiatan Penyembelihan dan Penyaluran Daging Qurban yang diselenggarakan oleh Pengurus Masjid Al-Muthmainnah Desa Pengenjek Kec. Jonggat Kab.Lombok Tengah dan bertempat di lokasi pembangunan Aula desa Pengenjek pada hari Selasa (kemarin). Kegiatan yang bertujuan untuk mensyiarkan ajaran Islam tersebut mendapatkan animo dari jama’ah setempat. Terbukti, sebanyak 1 ekor sapi dan 9 ekor kambing berhasil dikumpulkan oleh panitia dan direncanakan akan disembelih pada hari itu juga. Hewan ternak yang akan dijadikan Qurban tersebut berasal dari sumbangan pribadi jama’ah dan hasil jimpitan para dermawan. “Kami berterimakasih kepada para dermawan dan seluruh Jama’ah Al-Muthmainnah yang telah ikut serta dalam mensyiarkan ajaran Rasulullah SAW. dan semoga Allah memberikan kebaikan bagi kita semua” ungkap Abdul Manan,S.Ag. disela acara penyembelihan hewan qurban tersebut.
Daging qurban tersebut rencananya akan disalurkan kepada anak yatim (piatu) dan orang-orang jompo (lansia) di wilayah dusun Pengenjek. Tercatat sebanyak 421 kupon sudah disalurkan di 6 wilayah dusun dan sudah disebarkan melalui Kepala Dusun (Kadus) setempat. Pembagian kupon tersebut berdasarkan hasil pendataan yang diusulkan oleh petugas lapangan di masing-masing dusun dan disetujui oleh semua Kadus, pengurus Masjid, Panitia Qurban, tokoh agama, Remaja Masjid, dan unsur masyarakat pada rapat sehari sebelum pelaksanaan Qurban berlangsung.
Kepala Dusun Pengenjek Daye, Mahisun (44) menjelaskan tentang tekhnis penyaluran daging Qurban. “Setiap dusun memiliki jatah berdasarkan usulan dari petugas lapangan berdasarkan kriteria penerima santunan yang sudah disepakati oleh jama’ah dan Kadus sebagai kepala wilayah yang akan mengkoordinir langsung penyaluran tersebut” ungkap pria yang menjabat wakil ketua panitia Qurban tahun ini.
Pelaksanaan qurban tahun ini di kalangan jama’ah Masjid Al-Muthmainnah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat. Terlihat pada kegiatan tersebut banyak jama’ah yang rela datang membantu untuk membersihkan daging Qurban yang sudah dipotong sebelum dimasukkan ke kantong plastik yang sudah disediakan oleh panitia. Diungkapkan oleh Samsudin (57), “Kami sebagai jama’ah berharap agar kegiatan seperti  tetap ada dan bisa menjadi pelajaran bagi jama’ah yang lain” singgungnya. (AA)




 
Blogger Templates