Social Icons

"BAALIGU ANNII WALAU AAYAT"

Selasa, 06 September 2016

IAIN MATARAM GELAR OAM UNTUK MAHASISWA BARU



Direktur dan Kaprodi Pascasarjana IAIN Mataram
Mataram (06/09) – Sebagaimana tradisi dari lembaga Pendidikan Tinggi yang lain,  diawal  Tahun Akademik 2016-2017, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mengadakan Orientasi Akademik Mahasiswa (OAM). OAM ini di wajibkan bagi Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Mataram yang telah mengikuti seleksi dan dinyatakan telah lulus tes tulis dan lulus administrasi. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan selama 2 hari bertempat di Gedung Pascasarjana Lantai II IAIN Mataram yang diikuti oleh 188 Mahasiswa Baru yang tersebar dalam 4 Program Studi yaitu Akhlul Assyasiyah (AS), Ekonomi Syariah (ES), Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Dan kali ini IAIN Mataram mengadakan OAM untuk mahasiswa baru Pascasarjana dengan mengusung tema “Menuju Magister Kompetitif Berwawasan Komprehensif, Integratif dan Interkonektif.”


Ketua Panitia OAM Pascasarjana IAIN Mataram, DR. M. Iwan Fitriani, ME. menerangkan tentang tujuan dilaksanakannya OAM bagi mahasiswa. “Kegiatan ini wajib untuk dikuti oleh peserta yang sudah lulus dan dapat diterapkan pada saat mengikuti kegiatan perkuliahan akademik nanti sehingga IAIN Mataram dapat mencetak Magister – Magister yang handal.” terangnya. Nampak terlihat antusias dan raut wajah bahagia para peserta yang berpakaian Hitam Putih saat melakukan registrasi awal ke Panitia. Peserta diharapkan datang 15 menit sebelum kegiatan tersebut dimulai. “Kami berangkat bersama rombongan dan Alhamdulillah tiba sesuai jadwal yag ditentukan Panitia” sebut salah seorang peserta yang berasal dari Lombok Timur.

Tepat pada Pukul 08.30 Wita peserta dikumpulkan dalam Aula Pascasarjana Lantai II untuk mengikuti kegiatan pembukaan acara kegiatan. Pembukaan kegiatan tersebut diawali dengan mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh salah seorang peserta dan dengan khusyuk  semua peserta mendengar dan menyimak bacaan ayat per ayat dari surat yang dibaca. Dan juga terlihat semangat nasionalisme dari  peserta pada saat menyanyikan lagu Indonesia Raya secara khidmat yang dipimpin oleh seorang Dirigen. Kegiatan OAM tersebut rencananya akan dibuka oleh Rektor IAIN Mataram tetapi pada waktu yang bersamaan beliau memiliki agenda yang penting sehingga diwakili oleh Direktur Pascasarjana IAIN Mataram, DR. H. Nazar Na’amy, MSI.

DR. HM. Nazar Na'amy,MSI saat membuka acara
Dalam sambutannya beliau menjelaskan tentang tujuan OAM dan motivasi kepada peserta pada saat mengikuti perkuliahan Akademik dengan baik dan benar.

“Orientasi Akademik Mahasiswa adalah Tradisi Ilmiah untuk memperkenalkan budaya akademik yang berbeda dengan pendidikan pada saat kuliah sarjana (S1). Sehingga dibutuhkan komitmen dari Mahasiswa untuk mengikuti perkuliahan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.” Jelasnya.

Kegiatan tersebut ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Kaprodi AS, Drs. HM. Fachri Rahman, MA.  Setelah itu sebagian peserta keluar dari ruangan untuk mendapatkan snack yang sudah disediakan panitia sebelum mengikuti agenda kegiatan yang lain. (AA)


Ratusan peserta mendengarkan sambutan Direktur Pascasarjana IAIN MAtaram

 
Blogger Templates